gtrees.net

Kemenkes Bakal Pakai Jaringan Internet Starlink buat Puskesmas di Pelosok

Starlink
Ilustrasi. (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET)

Jakarta -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI berencana akan menggunakan Starlink milik Elon Musk untuk memberikan akses internet puskesmas di pelosok. Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan Setiaji menuturkan hingga saat ini ada ratusan puskesmas di Indonesia yang belum memiliki internet sama sekali.

Setiaji mengungkapkan jaringan internet ini sangat diperlukan untuk faskes di seluruh Indonesia terlebih Kemenkes menginginkan digitalisasi data kesehatan seluruh masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

"Banyak hal yang sudah kita persiapkan dalam penguatan puskesmas ya. Puskesmas kita ini kurang lebih 745 yang sama sekali nggak punya internet," kata Setiaji ketika ditemui awak media, Kamis (16/5/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Setiaji mengatakan bahwa nantinya Starlink akan mulai diuji coba setelah resmi diluncurkan Elon Musk saat berkunjung ke rangkaian acara World Water Forum di Bali, Minggu (19/5/2024). Ia menyebutkan kemampuan Starlink ini akan dilihat lagi apakah sesuai dengan geografis Indonesia sebagai negara kepulauan.

Ia berharap ini bisa menjadi salah satu cara memperluas akses internet untuk puskesmas, khususnya untuk fasilitas kesehatan yang berada di wilayah pelosok.

ADVERTISEMENT

"Rencana hari Minggu kita akan launching penggunaan Starlink bersamaan Elon Musk ke Bali. Kita sudah sempat coba itu mencapai 300 MB itu sangat cepat sekali. Nantinya untuk Starlink baru akan kami uji coba di puskesmas atau puskesmas pembantu," kata Setiaji.

"Ini penting untuk mengetahui kehandalannya, khususnya di kepulauan. Ini (kestabilan) yang nanti perlu kita pastikan pada saat uji coba, khususnya apakah ada kendala jika hujan, awan dan lain-lain. Termasuk untuk memastikan berapa kapasitas yang dibutuhkan di puskesmas. Apakah cukup dengan yang standar atau perlu high speed," tandasnya.



Simak Video "Kemenkes: 1,3 Juta Anak Belum Pernah Diimunisasi Sejak 5 Tahun Terakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(avk/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat