gtrees.net

Benarkah Makan Telur Setiap Hari Picu Kolesterol Tinggi? Cek Faktanya

Egg yolk in wooden spoon on eggs. Close up.
Benarkah mengonsumsi telur bisa menyebabkan kolesterol tinggi? (Foto: Getty Images/iStockphoto/Professor25)

Jakarta -

Telur sering disebut sebagai salah satu makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol. Namun, benarkah makan telur setiap hari bisa bikin kolesterol tinggi?

Telur merupakan makanan yang padat nutrisi dan salah satu sumber protein hewani terbaik. Selain itu, telur juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Namun, setiap butir telur juga mengandung kolesterol. Senyawa lemak ini terdapat pada bagian kuning telurnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hubungan antara telur dan kolesterol ini terbilang kompleks. Beberapa penelitian mulai mencoba membuktikan hubungan keduanya.

Dulu, para ahli kesehatan menyarankan orang untuk membatasi jumlah telur yang dikonsumsi agar tidak lebih dari tiga butir sepekan. Alasannya karena kuning telur mengandung kolesterol tinggi.

ADVERTISEMENT

Namun, dikutip dari Medical News Today, para peneliti di masa lalu membuat kesalahan dalam memahami data. Mereka keliru menyimpulkan bahwa kolesterol dari makanan tidak langsung berkontribusi terhadap kadar kolesterol dalam darah.

Kini, banyak penelitian baru yang menegaskan bahwa konsumsi telur tidak membuat kadar kolesterol dalam darah menjadi berbahaya. Mereka mengatakan makan telur setiap hari tidak meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Beberapa studi ada yang menemukan bahwa konsumsi telur setiap hari memang bisa sedikit meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL). Namun, pada saat yang sama, kadar kolesterol baik (HDL) juga meningkat.

Artinya, rasio kolesterol total terhadap HDL tetap stabil. Dengan kadar HDL yang aman, bisa mencegah risiko masalah kardiovaskular.

NEXT: Bolehkah makan telur setiap hari?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat