gtrees.net

Kasihan, Monyet di Thailand Mati Obesitas karena Sering Diberi Junk Food

Diberi Banyak Makanan Enak di Pasar, Monyet Thailand Ini Obesitas
Monyet obesitas di Thailand mati gegara terlalu gemuk. (Foto: ViralPress)

Jakarta -

Seekor monyet berjenis macaques atau makaka di Thailand mengalami kondisi yang cukup mengenaskan karena mengalami obesitas di sisa hidupnya.

Godzilla, monyet yang sempat mencuri perhatian warganet, mati akibat penyakit yang disebabkan oleh obesitas. Semasa hidupnya dia sering diberi makanan cepat saji dan makanan manis, menjadikannya atraksi populer di salah satu kios di pasar Thailand.

Diberitakan Daily Mail, wisatawan yang lewat akan memberinya berbagai macam junkfood sehingga berat badan Godzilla membengkak hingga lebih dari 19 kg, dua kali lipat berat rata-rata kera.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Petugas satwa liar prihatin dengan kondisi Godzilla sehingga mereka membawanya ke penangkaran untuk memulihkan kondisinya. Pihak berwenang menemukannya dirantai dan kembung, dan orang yang lewat secara tidak sengaja melukainya dengan memberinya makanan tinggi gula seperti buah-buahan, kacang-kacangan, coklat, dan minuman manis.

Dia kemudian dikirim untuk menjalani 'kamp lemak' di pusat satwa liar di provinsi Chachoengsao, di mana dia menjalani diet ketat berupa dill, selada, jangkrik, cacing, biji bunga matahari, dan makanan bergizi lainnya.

ADVERTISEMENT

Direktur rumah sakit, Dr Supasek Sarachitti, mengatakan Godzilla menderita penyakit tiroid, diabetes, dan sindrom Cushing atau kelebihan produksi hormon stres kortisol, yang semuanya berkontribusi pada pendeknya umurnya.

Monyet berjenis makaka sebenarnya mampu hidup sampai usia 37 tahun. Sedihnya, Godzilla hanya berumur 6 tahun ketika dia mati karena penyakit yang dideritanya akibat mengalami obesitas.



Simak Video "Kasus Cacar Monyet di RI Meroket, Diprediksi Bisa Capai 3.600"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat