gtrees.net

Segini Jumlah Langkah yang Dibutuhkan untuk Turunkan Kolesterol Tinggi

Pejalan kaki menyebrang Jalan di area zebra cros.   dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Manfaat berjalan kaki untuk menurunkan kolesterol. (Foto: Dikhy Sasra)

Jakarta -

Salah satu aktivitas yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi adalah jalan kaki. Aktivitas fisik ini terbukti bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Dikutip dari laman Eating Well, pelatih STRIDE Fitness di Lubbock, Texas, Paizley Longino, mengungkapkan olahraga sederhana seperti berjalan kaki dapat membuat perubahan besar. Jalan kaki atau aktivitas fisik apapun yang konsisten telah terbukti secara ilmiah memiliki efek positif pada kolesterol dan kesehatan secara keseluruhan.

"Bisa dengan melakukan beberapa perubahan, seperti memarkirkan kendaraan lebih jauh dan berjalan-jalan sepulang kerja daripada langsung duduk saat tiba di rumah adalah cara yang bagus untuk mulai menggerakkan tubuh," tutur Longino.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Selain itu, menjaga tubuh dalam posisi tegak akan mendorong otot di tubuh untuk membuat Anda tetap berdiri, yang bisa meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat," sambungnya.

Berapa banyak langkah yang diperlukan untuk menurunkan tingkat kolesterol?

ADVERTISEMENT

Cobalah mulai berjalan 30 menit per hari yang dilakukan rutin selama 5-6 hari. Meski begitu, tidak perlu memaksakan diri untuk menyelesaikannya.

Mulailah dengan 15 menit berjalan kaki di pagi hari, dan 15 menit lainnya di sore atau malam hari. Bahkan, dengan berjalan kaki 2 menit telah terbukti memberikan manfaat pada kesehatan.

Sebagai awal, cobalah targetkan 5.000 langkah per harinya. Jika sudah mulai terbiasa, tambah secara bertahap, misalnya menjadi 5.500 langkah per hari.

"Intinya adalah, lebih banyak bergerak, lebih sedikit duduk. Menit yang disarankan dapat disesuaikan naik atau turun berdasarkan kondisi kesehatan, tingkat aktivitas, dan tingkat kenyamanan masing-masing orang, kata Erin Nitschke, Ed.D., pelatih pribadi bersertifikat, profesor ilmu olahraga, dan pelatih kesehatan di Sheridan, Wyoming, Amerika Serikat.

Berikut rencana jalan kaki dalam satu minggu untuk bisa menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh:

  • Senin: 15 menit jalan kaki
  • Selasa: 15 menit peregangan, yoga, atau mobility training
  • Rabu: 15 menit berjalan kaki
  • Kamis: 15 menit peregangan, yoga, atau mobility training
  • Jumat: 15 menit berjalan kaki
  • Sabtu: 15 menit peregangan, yoga, atau mobility training
  • Minggu: istirahat

Durasi jalan kaki juga bisa ditingkatkan mulai dari lima menit per hari hingga 30 menit.

Namun perlu dicatat bahwa berjalan kaki saja tidak bisa cukup untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tetap disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga teratur serta konsisten.



Simak Video " Manfaat Rutin Berjalan Kaki 10 Ribu Langkah Setiap Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat