gtrees.net

8 Khasiat Daun Sirsak Rebus untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

CAGUA, VENEZUELA, DEC 24: Soursop fruit hanging on its tree, on December 24, 2018.
Daun sirsak memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. (Foto: Getty Images/(c) by Cristóbal Alvarado Minic)

Daftar Isi
  • 1. Menjaga Kesehatan Jantung
  • 2. Mengurangi Kadar Asam Urat
  • 3. Mengatasi Peradangan
  • 4. Mencegah Insomnia
  • 5. Mencegah Diabetes
  • 6. Menjaga Kesehatan Mata
  • 7. Menangkal Efek Radikal Bebas
  • 8. Mengurangi Stres dan Ansietas
Jakarta -

Sirsak atau Annona muricata adalah salah satu buah yang kerap ditemukan di kawasan tropis, seperti Indonesia. Buah ini terkenal karena rasa asamnya yang unik, dan sering diolah menjadi berbagai macam camilan serta minuman.

Selain buahnya yang lezat dan kaya nutrisi, daun dari tanaman ini juga kerap dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Khasiat daun sirsak sendiri berasal dari kandungan antioksidan yang dimilikinya, seperti flavonoid, saponin, alkaloid, dan polifenol.

Biasanya, daun sirsak diolah dengan cara direbus bersama air atau diracik menjadi teh. Lantas, apa saja khasiat daun sirsak rebus tersebut untuk kesehatan? Berikut pembahasannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun sirsak rebus ternyata dapat membantu memelihara kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular. Ini berkat kandungan flavonoid yang ada pada daun tersebut.

Dikutip dari Cleveland Clinic, flavonoid dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi dan peradangan, dua faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain itu, flavonoid juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat/LDL dan mencegah penumpukan lemak pada pembuluh darah.

ADVERTISEMENT

2. Mengurangi Kadar Asam Urat

Tak hanya menyehatkan jantung, flavonoid yang terkandung pada daun sirsak juga dapat mengobati penyakit asam urat atau gout. Flavonoid dapat menghambat pembentukan senyawa asam urat (uric acid) dalam tubuh, serta meningkatkan pengeluaran senyawa tersebut melalui urine. Alhasil, kadar zat asam urat dalam tubuh berkurang sehingga menurunkan risiko gout.

3. Mengatasi Peradangan

Beberapa penelitian menunjukkan sirsak dan komponennya berpotensi membantu meredakan peradangan. Antioksidan yang terkandung pada sirsak juga dapat membantu mengatasi gejala peradangan yang disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti arthritis, arthrosis, dan rheumatoid arthritis.

4. Mencegah Insomnia

Khasiat daun sirsak rebus juga bisa mengatasi gangguan tidur atau insomnia. Khasiat ini berasal dari senyawa triptofan yang terkandung pada daun tersebut.

Dikutip dari Healthline, suplementasi triptofan dapat meningkatkan jumlah hormon melatonin dalam tubuh. Hormon ini berfungsi mengatur siklus tidur, dan jika jumlahnya tinggi, maka seseorang akan lebih mudah terlelap di malam hari.

5. Mencegah Diabetes

Antioksidan yang terkandung pada daun sirsak dapat membantu melindungi sel pankreas yang bertugas untuk memproduksi hormon insulin. Hormon ini berperan penting dalam memproses gula dalam darah menjadi sumber energi.

Tak hanya itu, daun sirsak juga kaya akan serat yang dapat menghambat penyerapan gula di sistem pencernaan. Alhasil, kadar gula dalam darah terjaga dengan baik sehingga terhindar dari risiko diabetes.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Daun sirsak juga mengandung senyawa bernama lutein yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Lutein dapat membantu menghambat perkembangan penyakit seperti katarak dan degenerasi makula yang dapat terjadi seiring pertambahan usia.

7. Menangkal Efek Radikal Bebas

Kandungan antioksidan yang ada pada daun sirsak juga berkhasiat untuk menangkal efek radikal bebas. Jika terpapar dalam waktu lama, radikal bebas dapat menyebabkan peradangan yang kemudian merusak jaringan dan organ tubuh.

Dalam jangka panjang, efek radikal bebas juga dapat memicu munculnya penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

8. Mengurangi Stres dan Ansietas

Daun sirsak juga mengandung anonaine dan asimilobine, dua senyawa yang memiliki efek menenangkan terhadap sistem saraf pusat.

Kedua senyawa tersebut berinteraksi dengan serotonin, neurotransmitter yang bertugas mengatur suasana hati, seperti perasaan nyaman dan bahagia. Hal ini diyakini dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan



Simak Video "KuTips: Alternatif Penurun Demam pada Anak Tanpa Obat Sirup"
[Gambas:Video 20detik]
(ath/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat