gtrees.net

7 Cara Alami Menurunkan Gula Darah Tinggi, Praktis dan Bisa Dilakukan di Rumah

Close up woman hands checking blood sugar level by glucose meter for diabetes tester using as medicine, glycemia, healthcare and medical concept.
Ilustrasi gula darah tinggi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/spukkato)

Daftar Isi
  • 1. Membatasi Konsumsi Makanan Manis
  • 2. Mengurangi Asupan Karbohidrat
  • 3. Kontrol Porsi Makan
  • 4. Perbanyak Asupan Serat
  • 5. Rutin Berolahraga
  • 6. Tidur yang Cukup
  • 7. Kendalikan Stres
Jakarta -

Gula darah tinggi, atau yang disebut sebagai hiperglikemia adalah kondisi yang tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya, gula darah tinggi yang terjadi secara terus menerus dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan, salah satunya adalah diabetes.

Karenanya, penting untuk selalu menjaga kadar gula darah guna mencegah terjadinya penyakit kronis. Untungnya, ada sejumlah cara alami untuk mengatasi gula darah tinggi yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah.

Lantas, apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasi gula darah tinggi? Dikutip dari berbagai sumber, berikut informasinya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Membatasi Konsumsi Makanan Manis

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi gula darah tinggi adalah dengan membatasi konsumsi makanan manis. Alasannya jelas, karena makanan manis dapat menyebabkan kadar gula dalam darah melonjak secara signifikan.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, mengonsumsi makanan manis secara berlebihan dapat menyebabkan resistensi insulin. Resistensi insulin adalah kondisi ketika sel-sel tubuh tidak dapat merespons dengan baik terhadap efek hormon insulin. Alhasil, zat gula tidak bisa diproses dengan baik dan menumpuk dalam darah.

ADVERTISEMENT

2. Mengurangi Asupan Karbohidrat

Selain makanan manis, orang yang berisiko atau sudah mengalami gula darah tinggi perlu membatasi asupan karbohidrat. Terutama, karbohidrat sederhana yang terkandung dalam makanan seperti nasi putih, roti tawar dan lain sebagainya.

Sebab, karbohidrat sederhana dicerna dengan cepat oleh tubuh, sehingga dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan. Sebagai alternatif, ganti nasi putih dan roti dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti gandum utuh, quinoa, oat, ubi jalar, dan lain sebagainya.

3. Kontrol Porsi Makan

Membatasi porsi makan dapat mengurangi asupan kalori dan karbohidrat, sehingga membantu mencegah lonjakan gula darah. Biasakan makan dengan porsi kecil dan mengunyah secara perlahan. Jika kesulitan mengurangi porsi makan, Anda bisa memulainya dengan mengganti piring makan dengan wadah yang lebih kecil untuk mengurangi jumlah makanan.

4. Perbanyak Asupan Serat

Serat adalah salah satu nutrisi yang penting bagi pengidap gula darah tinggi. Sebab, serat dapat memperlambat penyerapan karbohidrat di sistem pencernaan, sehingga kadar gula darah tidak naik dengan cepat.

Perbanyaklah asupan serat dengan mengonsumsi makanan seperti buah, sayuran, dan kacang-kacangan.

5. Rutin Berolahraga

Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan kerja hormon insulin dalam tubuh. Alhasil sel-sel tubuh dapat menggunakan gula darah sebagai sumber energi dengan lebih baik lagi.

Agar hasilnya lebih optimal, usahakan untuk berolahraga atau melakukan aktivitas fisik sedang setidaknya 150 menit dalam seminggu.

6. Tidur yang Cukup

Percaya atau tidak, kualitas tidur juga memainkan peran penting dalam mengatur kadar gula darah. Kurang tidur dapat meningkatkan jumlah hormon lapar. Hal ini membuat nafsu makan meningkat, sehingga cenderung overeating.

Tak hanya itu, kurang tidur juga dapat menurunkan sensitivitas insulin. Akibatnya, sel-sel tubuh tidak dapat merespons dengan baik terhadap hormon tersebut.

7. Kendalikan Stres

Saat stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol dan glukagon yang dapat memicu kenaikan gula darah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres, mulai dari berolahraga, meditasi, hingga melakukan aktivitas atau hobi yang disenangi.



Khasiat Kumis Kucing hingga Temulawak untuk Atasi Diabetes

Khasiat Kumis Kucing hingga Temulawak untuk Atasi Diabetes


(ath/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat