gtrees.net

4 Pilihan Ikan Tinggi Protein, Bisa Bantu Cegah Stunting pada Anak

Two whole fish grilled to perfection with a stuffing of lemon slices and rosemary sprigs, presented on a dark plate with lemon and lettuce garnish
Ilustrasi ikan tinggi protein (Foto: Getty Images/wundervisuals)

Daftar Isi
  • 1. Ikan Bandeng
  • 2. Ikan Cakalang
  • 3. Ikan Kembung
  • 4. Ikan Kakap
Jakarta -

Ada banyak pilihan ikan tinggi protein yang bisa ditemukan di pasar atau swalayan. Tak hanya enak, ikan-ikan tinggi protein tersebut juga mengandung berbagai nutrisi penting lain yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.

"Banyak orang sering mengabaikan manfaat ikan bagi kesehatan," kata ahli diet ternama, Manuel Villacorta, R D, pendiri dan penulis Whole Body Reboot, dikutip dari Men's Health.

"Saya sering memberitahu klien saya bahwa menambahkan dua porsi ikan dalam seminggu dapat memberi Anda tambahan nutrisi yang mungkin tidak Anda dapatkan," kata Manuel.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Protein adalah zat gizi yang dibutuhkan tubuh karena berperan dalam pembentukan dan perbaikan sel dan jaringan, produksi enzim dan hormon, dan penghasil sumber energi tambahan. Asupan protein juga penting bagi tumbuh kembang anak dan baik untuk pencegahan stunting.

Salah satu makanan sumber protein yang paling menyehatkan adalah ikan.

ADVERTISEMENT

Mungkin banyak orang mengira bahwa ikan salmon merupakan satu-satunya ikan tinggi protein, padahal terdapat jenis ikan lain yang lebih terjangkau. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Ikan Bandeng

Ikan bandeng kerap kali dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia lantaran memiliki kandungan protein yang tinggi dan nutrisi penting lain. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, ikan bandeng segar dengan berat 100 gram mengandung sekitar 20 gram protein.

Satu porsi bandeng dengan bobot yang sama juga setidaknya memiliki 123 kalori dan 4,8 gram lemak. Selain itu, ikan ini juga memiliki kandungan kalsium senilai 20 miligram, fosfor 150 milligram, besi 2 milligram, natrium 67 miligram, kalium sebanyak 271,1 milligram, thiamin (vitamin B1) 0,05 milligram, riboflavin (vitamin B2) 0,10 milligram, serta niacin 6,0 miligram.

2. Ikan Cakalang

Selain ikan bandeng, ikan cakalang juga kerap ditemukan di Indonesia. Ikan ini memiliki kandungan protein yang tinggi, yakni 19,6 gram protein dengan berat ikan 100 gram.

Ditambah lagi, ikan dengan bobot yang sama ini juga memiliki sekitar 107 kalori dan 0,7 gram lemak dalam keadaan masih mentah.

3. Ikan Kembung

Ikan kembung termasuk salah satu ikan yang mudah ditemukan di pasaran Indonesia. Kembung dengan bobot 100 gram yang masih mentah dan belum diolah mengandung 125 kalori, 21,3 gram protein, 3,4 gram lemak, dan 2,2 gram karbohidrat.

Ikan ini juga dilengkapi dengan 136 miligram kalsium, 69 miligram fosfor, 0,8 milligram besi, 214 miligram natrium, serta 245 miligram kalium.

4. Ikan Kakap

Ikan yang mengandung protein tinggi selanjutnya adalah kakap. Ikan ini memiliki sekitar 20 gram untuk setiap 100 gram. Selain itu, ikan ini memiliki sekitar 92 kalori dan 0,7 gram lemak, kakap segar yang belum diolah turut dilengkapi dengan kalsium dan fosfor masing-masing 20 milligram dan 200 milligram.

Jenis ikan ini juga mengandung sekitar 1 miligram zat besi yang membantu melengkapi asupan mineral besi dalam tubuh.

baca juga



Simak Video "Sahur dengan Protein Bar Bikin Awet Kenyang? Ini Kata Dokter Gizi"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat