gtrees.net

5 Cara Menghilangkan Tanda Lahir Menurut Ahli, Ada Obat hingga Operasi

Doctor dermatologist examines birthmark of patient. Checking benign moles. Laser Skin tags removal
Ilustrasi tanda lahir berupa tahi lalat. Foto: Getty Images/iStockphoto/Albina Gavrilovic

Daftar Isi
  • Cara Menghilangkan Tanda Lahir
  • 1. Propranolol 2. Timolol 3. Kortikosteroid 4. Interferon 5. Operasi Pengangkatan Tanda Lahir
  • Jenis Tanda Lahir
  • 1. Tanda Lahir Pigmen 2. Tanda Lahir Vaskuler
  • Penyebab Munculnya Tanda Lahir
Jakarta -

Tanda lahir adalah berkas pada kulit yang muncul sebelum atau telah setelah lahir. Tanda lahir umumnya tidak berbahaya, namun bisa menurunkan rasa percaya diri.

Apalagi jika tanda lahir tersebut makin terlihat seiring waktu. Karena itu, tanda lahir ini ingin dihilangkan dengan berbagai cara. Umumnya, cara menghilangkan tanda lahir dipilih prosedur medis yang aman.

Cara Menghilangkan Tanda Lahir

Mengutip dari laman American Academy of Dermatology (AAD), berikut adalah beberapa metode medis dan obat-obatan yang terbukti mampu menghilangkan tanda lahir pada kulit:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Propranolol

Pengobatan tanda lahir dengan propranolol diperuntukkan bagi mereka yang mengidap kondisi hemangioma. Pasalnya, formula dalam propranolol telah terbukti efektif untuk mengobati dan mencegah pertumbuhan hemangioma pada pasien anak.

2. Timolol

Cairan obat timolol seringkali digunakan dokter sebagai alternatif pengobatan hemangioma dan glaukoma pada anak. Untuk penyakit glaukoma, dosis yang dibutuhkan relatif lebih sedikit dibandingkan untuk hemangioma.

ADVERTISEMENT

3. Kortikosteroid

Jenis obat berikutnya yang dapat mengatasi hemangioma pada kulit adalah Kortikosteroid. Obat ini biasa diberikan dalam bentuk tablet ataupun melalui suntikan.

4. Interferon

Jenis obat satu ini baru diperlukan jika tanda lahir mulai mengganggu kesehatan anak. Interferon harus disuntikkan setiap hari. Selain itu, para orang tua dianjurkan untuk selalu memantau kondisi anak apabila nantinya muncul efek samping dari obat.

5. Operasi Pengangkatan Tanda Lahir

Prosedur operasi disarankan untuk mengangkat tanda lahir port wine stain dan tahi lalat yang berpotensi menyebabkan penyakit kanker kulit. Beberapa metode pengangkatan tanda lahir yang kerap dipraktekkan adalah dengan pembedahan, terapi laser, atau cryotherapy.

Pemilihan cara menghilangkan tanda lahir bergantung pada bentuk dan jenisnya. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang bentuk tanda lahir dikutip dari Healthline dan Cleveland Clinic.

Jenis Tanda Lahir

Bentuk dan jenis tanda lahir dibedakan sesuai material penyusunnya.

1. Tanda Lahir Pigmen

Tanda lahir pigmen dapat muncul ketika satu area kulit memiliki lebih banyak pigmentasi dari area lainnya. Jenis tanda lahir pigmen meliputi:

  • Tahi Lalat (Congenital nevi)

Jenis tanda lahir ini biasanya berbentuk menonjol ataupun datar berwarna hitam, coklat muda, atau merah muda. Berhati-hatilah jika terdapat perubahan pada tahi lalat, karena kondisi ini bisa jadi pertanda kanker kulit.

  • Bercak Mongol (Mongolian spots)

Tanda lahir berupa bercak mongol cenderung banyak ditemukan pada mereka yang berkulit gelap. Bercak ini berwarna abu kebiruan menyerupai memar dan biasa muncul pada bagian pantat atau punggung bagian bawah.

  • Noda Kopi Susu (Cafe au lait spots)

Sesuai namanya, tanda lahir ini berupa bercak berwarna kecoklatan mirip kopi susu. Jumlah bintik cafe au lait lebih dari enam bintik kemungkinan merupakan indikasi dari kelainan medis langka yang disebut neurofibromatosis.

2. Tanda Lahir Vaskuler

Sebanyak 40% bayi lahir dengan jenis tanda lahir vaskuler. Tanda lahir ini disebabkan oleh adanya kelebihan pembuluh darah di kulit. Jenis tanda lahir vaskuler diantaranya yaitu:

  • Hemangioma

Bercak tanda lahir seperti stroberi ini dapat muncul di area wajah, kulit kepala, dada, atau punggung beberapa minggu pasca kelahiran bayi. Hemangioma kemungkinan akan memudar ketika anak menginjak usia 9 tahun. Namun, disarankan untuk memeriksakan kondisi hemangioma ke dokter guna mengantisipasi gangguan pernapasan dan penglihatan.

  • Hemangioma kavernosa

Tanda lahir ini tumbuh lebih dalam di permukaan kulit dibandingkan dengan hemangioma stroberi. Jenis tanda lahir ini ditandai dengan benjolan berwarna biru kemerahan dan bisa hilang dengan sendirinya seiring pertumbuhan anak.

  • Bercak Salmon (Salmon patches)

Beberapa titik munculnya bercak salmon adalah pada bagian belakang leher, kelopak mata, dahi, atau di bagian atas bibir. Anda tidak perlu khawatir, karena warna kemerahan dari bercak ini bisa hilang tanpa perlu pengobatan medis.

  • Port Wine Stain (Nevus flammeus)

Tanda lahir port wine stain dicirikan sebagai bercak berwarna merah tua atau ungu. Jenis tanda lahir ini tidak boleh dibiarkan, karena ia justru akan bertambah gelap dan tebal. Oleh karena itu, bercak port wine stain memerlukan penanganan medis, terlebih lagi jika bercak muncul di area kelopak mata.

Penyebab Munculnya Tanda Lahir

Hingga saat ini, penyebab munculnya tanda lahir masih belum diketahui secara pasti. Kendati demikian, tanda lahir kemungkinan besar diakibatkan oleh sejumlah faktor berikut ini:

  • Kelainan pembentukan pembuluh darah yang terjadi selama masa kehamilan.
  • Sel-sel melanosit berkembang biak dalam bentuk kluster sehingga menghasilkan tanda lahir pigmen.
  • Faktor genetik turunan keluarga.
  • Gejala penyakit tertentu seperti sindrom nevus sebaceous, kanker kulit, atau neurofibromatosis.

Selain bentuk dan jenisnya, pemilihan cara menghilangkan tanda lahir juga bergantung pada rekomendasi dokter. Hasil diagnosa dan prosedur yang dilaksanakan tenaga kesehatan menjamin hasil maksimal serta keselamatan pasien.

Karena itu, pasien yang ingin menghilangkan tanda lahir wajib konsultasi dengan dokter lebih dulu. Prosedur medis ini tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus dalam pengawasan dokter.



Simak Video "Respons IDI soal Pemerintah Bakal Datangkan Dokter Asing"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat