gtrees.net

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Rambut, Termasuk Mencegah Rontok

Aloe vera leaves copped on wooden table. Natural day light. Aloe vera is a very popular plant used medicinally all over the world. In the Western world, it is used as an important ingredient in the cosmetic and pharmaceutical industries.
Ilustrasi lidah buaya. (Foto: iStock)

Daftar Isi
  • Manfaat Lain Lidah Buaya untuk Rambut
  • 1. Menjaga kelembapan kulit kepala 2. Mencegah rambut rontok 3. Mengatasi rambut berminyak 4. Mendukung pertumbuhan rambut
Jakarta -

Rambut uban adalah hal alami yang muncul seiring bertambahnya usia. Hanya saja, rambut ubanan bisa membuat sebagian orang merasa minder dan tidak percaya diri dengan penampilannya.

Karena itu, tidak heran jika mereka mencari cara untuk mengatasi rambut uban, termasuk dengan menggunakan bahan-bahan alami. Nah, salah satu tanaman yang kerap dikaitkan manfaatnya dengan kesehatan rambut adalah lidah buaya.

Lidah buaya (Aloe vera) memang dikenal dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Tapi, apakah lidah buaya juga bisa menghitamkan rambut uban?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dikutip dari Healthline, rambut yang sudah memutih tidak bisa kembali ke warna asalnya. Kebanyakan orang mulai memiliki rambut uban saat berusia 50 tahun.

Meski begitu, seseorang bisa saja memiliki rambut uban sebelum menginjak usia 30 tahun atau yang disebutt juga sebagai uban prematur. Biasanya, hal ini dipengaruhi oleh faktor genetik, stres, atau kondisi medis tertentu.

ADVERTISEMENT

Meski rambut uban tidak bisa kembali ke warna asalnya, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mempertahankan pigmen rambut dan mencegah rambut uban prematur. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan alami, seperti lidah buaya.

Dikutip dari India.com, campuran lidah buaya dengan kopi atau henna dapat mencegah rambut uban prematur. Caranya adalah dengan mencampurkan jus lidah buaya dengan henna atau kopi, aduk hingga rata, kemudian oleskan di kulit kepala dan rambut. Biarkan selama satu jam, kemudian bilas rambut. Metode ini bisa digunakan setiap sebulan sekali untuk menjaga pigmen rambut dan mencegah munculnya uban prematur.

Penting untuk diingat, lidah buaya saja tidak cukup untuk mencegah rambut uban prematur. Pola makan yang sehat dan seimbang, mengelola stres dengan baik, serta mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral juga harus selalu dilakukan untuk memelihara kesehatan rambut dan mencegah munculnya uban di usia muda.

Manfaat Lain Lidah Buaya untuk Rambut

Selain membantu mencegah rambut uban prematur, lidah buaya juga memiliki banyak sekali manfaat yang sayang untuk dilewatkan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut manfaat lidah buaya untuk memelihara kesehatan rambut:

1. Menjaga kelembapan kulit kepala

Dikutip dari Prevention, lidah buaya dapat menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit kepala. Hal ini juga dapat membantu masalah lain seperti kulit kepala gatal atau ketombe.

Selain itu, lidah buaya juga memiliki efek yang menenangkan dan menyejukkan kepala. Gel lidah buaya juga bisa membantu mengatasi gatal-gatal dan mengurangi kulit merah yang terkelupas.

2. Mencegah rambut rontok

Kandungan antioksidan yang ada pada lidah buaya juga berperan penting dalam memelihara kesehatan rambut. Antioksidan tersebut berfungsi mengurangi stres oksidatif pada folikel rambut yang memicu rambut rontok.

3. Mengatasi rambut berminyak

Lidah buaya dapat memecah sebum (minyak alami) dan membantu mengatasi rambut dan kulit kepala yang berminyak.

4. Mendukung pertumbuhan rambut

Menggunakan lidah buaya sebagai conditioner dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut. Dalam sebuah studi yang menganalisa perawatan untuk rambut dan kulit kepala, peneliti menemukan orang yang menggunakan lidah buaya mengalami pertumbuhan rambut sekitar 1 cm setiap bulan.



Simak Video " Leaders Forum: Arah Industri Tembakau dan Pengaturan Akses Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(ath/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat