gtrees.net

Senam Wajah dan Guasha Bikin Wajah Bebas Kerutan? Begini Kata Dermatolog

Makan Mangga Bisa Kurangi Kerutan Wajah Wanita, Ini Kata Peneliti
Ilustrasi kerutan wajah. (Foto: iStock)

Jakarta -

Akhir-akhir ini beredar tips dan trik untuk menghilangkan kerutan di wajah akibat penuaan dini serta membuat wajah lebih tirus dan simetris menggunakan guasha dan senam wajah. Benarkah itu efektif?

Dermatolog dr Arini Astasari Widodo, MS, SpDVE, membeberkan fakta bahwa hal tersebut belum dapat dibuktikan secara medis dan scientific.

"Untuk senam wajah, dari logikanya saja itu mengarahnya ke otot kan ya. Otot juga bisa aging (menua), tapi senam wajah mungkin hanya memperbaiki suatu komponen saja. Dan senam wajah ini kalau mau ditanya scientific base nya dan apakah sudah ada research yang membuktikannya, sampai ini belum ada. Kalau dari dunia kedokteran, tidak ada bukti scientific medis yang bisa membuktikan bahwa senam wajah bikin anti aging (pencegah penuaan)," jelas dr Arini pada tim dalam acara temu media di Jakarta Selatan, Sabtu (20/4/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurutnya, bukan hanya kulit wajah saja yang dapat menua. Namun, komponen pada wajah seperti otot, rambut, kulit dan kelenjar juga dapat mengalami penuaan.

Tak hanya senam wajah yang menjadi tren dalam perawatan kulit masa kini, penggunaan guasha juga dianggap memiliki banyak dampak signifikan terhadap kulit wajah. Menurut dr Arini, penggunaan guasha sebenarnya lebih berpengaruh pada mengurangi air pada wajah. Hal itulah yang membuat penggunaan guasha dapat mengurangi 'bengkak' pada wajah.

ADVERTISEMENT

Pembengkakan wajah ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya mengkonsumsi makanan yang mengandung garam dan penyedap tinggi.

"Kenapa guasha dianggap bisa membuat wajah simetris, karena kadang-kadang muka kita memang besar sebelah. Nah, sebenarnya guasha itu dia akan memperbaiki wajah dengan cara lymphatic drainage. Jadi sebenarnya air (dalam wajah) yang berkurang," ujar dr Arini.

"Jadi kalau semisalnya yang pakai guasha itu dia bisa terlihat lebih mengecil karena mengurangi air. Jadi kesannya kayak lebih tirusan. Tapi apakah itu artinya guasha menghilangkan lemak? Kan nggak," tutupnya.

Dr Arini menegaskan masyarakat harus lebih kritis dalam menanggapi tren tren yang beredar di media sosial.



Simak Video "Catat! Ini 4 Penyebab Munculnya Jerawat"
[Gambas:Video 20detik]
(avk/avk)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat