gtrees.net

Makanan untuk Menurunkan Kolesterol, Apa Saja? Ini Kata Dokter

Chicken opor is a kind of chicken curry that is very well known in Indonesia. This dish has been widely known in other areas. In fact, almost all regions of Indonesia. Chicken opor is actually a boiled chicken that is given thick spices from coconut milk plus various spices such as lemongrass, kencur, and so on.
Trik menjaga kolesterol tetap terkontrol (Foto: Getty Images/Valens Hascaryo)

Jakarta -

Lebaran menjadi momen istimewa bagi umat muslim. Setelah sebulan berpuasa, momen lebaran kerap kali menjadi ajang 'balas dendam' bagi sebagian orang untuk mengonsumsi berbagai sajian lezat khas lebaran.

Godaan opor, ketupat, rendang, kue kering, dan yang lainnya memang tak dapat dihindari. Namun, apabila dikonsumsi secara berlebihan juga dapat menyebabkan risiko penyakit seperti kolesterol.

Secara spesifik, memang tidak ada makanan yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol. Namun menurut spesialis gizi klinis, dr Gaga Irawan Nugraha, M.Gizi, SpGK, buah dan sayuran sebagai sumber serat bisa menghambat penyerapan kolesterol.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Fungsi dari serat baik sayuran maupun buah buahan itu yang pertama dia menghambat penyerapan kolesterol, jadi sebenarnya dari tumbuhan misalnya kacang itu mengandung kolesterol, tapi kolesterol tumbuhan, namanya fitosterol," terang dr Gaga.

"Nah fitosterol ini justru menghambat penyerapan kolesterol. Jadi tubuh kita tidak bisa menyerap fitosterol, tidak bisa. Tapi justru si fitosterol ini akan menghambat kolesterol," lanjutnya.

ADVERTISEMENT

Oleh karena itu, dr Gaga juga menyarankan untuk mengonsumsi lalapan atau sayuran setiap makan, baik mentah maupun dimasak, karena serat dapat membantu menghambat penyerapan kolesterol dan mengikat empedu.

Senada, dr Juwalita Surapsari, M Gizi, SpGK juga merekomendasikan sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, serta buah-buahan semacam apel, anggur, stroberi, dan buah sitrus untuk dapat membantu menurunkan kolesterol. Tentunya sambil mengontrol asupan makanan yang memicu produksi kolesterol.

"Makanan yang membuat kolesterol naik, makanan yang menggunakan santan, gorengan, cake, kue-kue yang menggunakan butter," jelas dr Juwalita.



Simak Video "Mitos atau Fakta: Banyak Makan Kuning Telur Bikin Kolesterol Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat