gtrees.net

10 Manfaat Minum Air Lemon di Pagi Hari, Pangkas BB sampai Cegah Penyakit

Air lemon
Foto: iStock

Daftar Isi
  • Kandungan Air Lemon
  • Manfaat Minum Air Lemon
  • 1. Menghidrasi Tubuh 2. Sumber Asupan Vitamin C 3. Membantu Menurunkan Berat Badan 4. Melancarkan Pencernaan 5. Mengurangi Hipertensi 6. Meningkatkan Kesehatan Jantung 7. Mencegah Batu Ginjal 8. Mengurangi Risiko Anemia 9. Menghilangkan Bau Mulut 10. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Jakarta -

Air lemon adalah salah satu minuman yang digemari orang. Selain teh dan kopi, air lemon adalah salah satu minuman yang kerap diminum di pagi hari. Tak hanya menyegarkan, minum air lemon juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Air lemon mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat minum air lemon di pagi hari? Simak artikel berikut.

Kandungan Air Lemon

Mengutip Healthline, 1 gelas air lemon yang diperas dari 1 buah lemon mengandung:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

  • 10,6 kalori
  • 21% dari kebutuhan vitamin C harian
  • 2% dari kebutuhan folat (vitamin B9) harian
  • 1% dari kebutuhan potasium harian
  • 1% dari kebutuhan vitamin B1 harian
  • 1% dari kebutuhan vitamin B5 harian
  • 0,5% dari kebutuhan vitamin B2 harian.

Manfaat Minum Air Lemon

Berikut manfaat minum air lemon di pagi hari.

1. Menghidrasi Tubuh

Kementerian Kesehatan menganjurkan orang dewasa mengonsumsi sekitar 8 gelas air per hari, atau sekitar 2 liter. Minum air yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh untuk menghindari dehidrasi.

Jika tak suka minum air putih saja, detikers bisa menambahkan perasan air lemon agar lebih rajin minum air.

2. Sumber Asupan Vitamin C

Buah citrus seperti lemon kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh sehingga tubuh terhindari dari inflamasi dan berbagai penyakit.

Selain itu, vitamin C juga berperan dalam metabolisme protein, memproduksi hormon, dan menyerap zat besi.

Kekurangan vitamin C akan menyebabkan kelelahan, insomnia, kulit kering, dan meningkatkan risiko tubuh terkena infeksi.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meminum air lemon di pagi hari akan meningkatkan rasa kenyang, sehingga mendorong kita untuk makan lebih sedikit. AIr lemon tetap mengandung kalori dan nutrisi bagi tubuh, sekaligus membuat kita mengurangi asupan kalori berlebih dari makanan.

4. Melancarkan Pencernaan

Air lemon mengandung asam sitrat yang membantu meningkatkan kinerja asam lambung. Asam lambung berperan membantu tubuh memecah dan mencerna makanan.

Sebagai tambahan, minumlah air lemon yang masih mengandung serat lemon. Serat pada lemon meningkatkan kesehatan usus dan memperlambat pencernaan gula, sehingga menurunkan kadar gula dalam darah.

5. Mengurangi Hipertensi

Mengutip laman resmi Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, air lemon mengandung zat-zat yang berperan dalam menurunkan angka inflamasi dan stres, serta meningkatkan antioksidan yang mencegah oksidasi kolesterol jahat LDL dan pembentukan plak pada dinding arteri.

Riset tahun 2014 yang dilakukan oleh Faculty of Health and Welfare Prefectural University of Hiroshima bersama Pokka Sapporo Food and Beverage menunjukkan bahwa konsumsi lemon tiap hari berkaitan dengan penurunan tekanan darah. Demi hasil yang lebih baik, pengidap hipertensi juga perlu rutin melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Air lemon kaya akan vitamin C yang mampu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Bukan hanya vitamin C, serat pada lemon juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung secara signifikan.

7. Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal adalah butiran kecil yang terbentuk akibat kristalisasi zat sisa di ginjal. Asam sitrat pada air lemon mampu menurunkan risiko batu ginjal karena meningkatkan volume dan pH urine, sehingga batu ginjal tidak bisa terbentuk.

8. Mengurangi Risiko Anemia

Anemia bisa terjadi salah satunya karena tubuh kekurangan zat besi. Usus mampu menyerap zat besi heme dengan mudah. Zat besi heme ini terdapat pada daging, ayam, dan ikan. Tetapi, zat besi non heme yang terdapat pada tumbuhan lebih sulit diserap oleh usus.

Penyerapan zat besi non heme mampu ditingkatkan dengan asupan vitamin C dan asam sitrat dari air lemon.

9. Menghilangkan Bau Mulut

Menurut dokter gigi Gavin Laidlaw di situs resminya, air lemon bisa menjadi salah satu cara mengurangi bau mulut. Kandungan asam sitrat dalam lemon meningkatkan produksi saliva dan mengurangi bau mulut

10. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Mengutip Healthshots, air lemon membantu menjaga kesehatan jaringan gusi agar gigi tidak mudah copot. Selain itu, air lemon membantu mencegah gingivitis (pembengkakan gusi).

Itu dia berbagai manfaat kesehatan meminum air lemon di pagi hari. Perlu diingat, terlalu banyak mengonsumsi air lemon bisa mengikis enamel gigi. Untuk mengurangi risiko ini, sebaiknya minum air lemon melalui sedotan untuk mengurangi kontak dengan gigi. Lalu, berkumurlah dengan air setelahnya.



Saran Pakar Terkait Konsumsi Vitamin C Bagi Penderita Autoimun

Saran Pakar Terkait Konsumsi Vitamin C Bagi Penderita Autoimun


(fds/fds)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat