gtrees.net

Kesaksian Perawat Ceritakan Momen Menegangkan saat Tangani Pasien Sekarat

Ilustrasi wanita dirawat di rumah sakit
Ilustrasi perawatan di rumah sakit. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Niphon Khiawprommas)

Jakarta -

Seorang perawat teregistrasi di Los Angeles, Amerika Serikat bernama Julie McFadden (41) mengungkapkan hal 'menakutkan' yang mungkin terjadi pada pasien yang sedang sekarat dan akan meninggal. Apa yang bisa terjadi?

Ia menuturkan bahwa orang yang akan meninggal cenderung buang air besar, mulut berbusa, hingga bahkan 'berteriak' di saat-saat terakhir dalam hidupnya.

"Tubuh dapat melakukan hal-hal aneh di akhir hidup yang dapat membuat takut banyak orang," ucap Julie dikutip dari Daily Mail, Rabu (20/3/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Julie menjelaskan bahwa pada bagian sfingter, atau otot yang berfungsi menutup jalur bukaan pada tubuh dan mencegah asam lambung naik ke kerongkongan, orang yang akan meninggal akan mulai terbuka dan dapat menyebabkan keluarnya cairan dari dalam tubuh.

Ia menuturkan bahwa cairan tersebut berfungsi untuk membantu memecah makanan dalam tubuh. Cairan tersebut masih diproduksi ketika seseorang dalam keadaan sekarat.

"Produksinya memang sedikit melambat tetap tergantung pada penyakit seseorang yang membuat mereka sekarang, kadang produksinya lebih banyak," jelas Julie.

"Itulah kenapa ketika orang yang meninggal, beberapa akan buang air besar. Hal lain yang mungkin juga dilihat orang dari mulut dan hidung pasien adalah keluarnya air liur yang berbusa," sambungnya.

Perawat di layanan hospice untuk pasien dengan penyakit stadium akhir tersebut menuturkan bahwa kebiasaan yang mungkin juga muncul adalah suara menggeram dari pasien. Pasien yang ditemui oleh Julie terkadang menggemeretakkan gigi hingga mengeluarkan suara seperti menggeram.

"Yang terpikir olehku adalah menggemeretakkan gigi, menggeram, menjerit atau seperti teriakan. Satu teriakan terakhir, membuat wajah seperti sedang berteriak tetapi tidak ada yang keluar seperti jeritan tanpa suara. Kematian itu berantakan," tandasnya.



Perhatikan Hal Berikut saat Bayi Keluar RS

Perhatikan Hal Berikut saat Bayi Keluar RS


(avk/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat