gtrees.net

Cara Menghitung Kalori Makanan untuk Diet agar Tidak Bikin Perut Buncit

Shot of pretty woman looking to sideways while drinking fruit detox juice in the kitchen at home.
Foto: Getty Images/iStockphoto/nensuria

Daftar Isi
  • Menghitung Kalori Makanan dengan Rumus 4-4-9
Jakarta -

Asupan kalori merupakan salah satu aspek penting dalam proses menurunkan berat badan. Umumnya, orang yang sedang diet akan berusaha membatasi asupan kalori harian agar tidak menimbulkan penumpukan lemak.

Dikutip dari laman Healthline, setiap orang memiliki kebutuhan kalori harian yang berbeda-beda. Umumnya, hal ini dipengaruhi berbagai macam faktor seperti usia, tinggi, berat badan, tingkat aktivitas, hingga metabolisme tubuh. Secara umum, berikut rata-rata kalori harian yang dibutuhkan oleh pria dan wanita berdasarkan usia:

Pria

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

  • 19-30 tahun: 2.400-3.000 kalori
  • 31-60 tahun: 2.200-3.000 kalori
  • 61 tahun ke atas: 2.000-2.600 kalori

Wanita

  • 19-30 tahun: 1.800-2.400 kalori
  • 31-60 tahun: 1.600-2.200 kalori
  • 61 tahun ke atas: 1.600-2.000 kalori

Karenanya, penting untuk selalu memeriksa label informasi nilai gizi yang tertera setiap kali membeli makanan. Tujuannya untuk memastikan asupan kalori yang ada dalam makanan tersebut tidak melebihi kebutuhan kalori harian.

ADVERTISEMENT

Tapi terkadang, informasi yang ada di label nilai gizi tidak selalu akurat. Lantas, bagaimana cara memastikan kalori yang tertera di informasi nilai gizi benar-benar sesuai?

Menghitung Kalori Makanan dengan Rumus 4-4-9

Ada cara simpel untuk menghitung jumlah kalori yang ada dalam makanan yang dibeli. Cara ini juga bisa digunakan untuk memastikan jumlah kalori dalam makanan tersebut sesuai dengan informasi nilai gizi yang tertera.

Caranya adalah dengan menggunakan rumus '4-4-9'. Metode digunakan untuk menghitung kalori makanan berdasarkan jumlah protein, karbohidrat, dan lemak yang ada di dalamnya.

Dikutip dari laman Live Science, metode ini dikembangkan oleh Wilbur Atwater, seorang pakar kimia asal Amerika Serikat yang memperkenalkan kandungan gizi makanan. Pada metode ini, Atwater menetapkan setiap 1 gram protein mengandung 4 kalori, 1 gram karbohidrat mengandung 4 kalori, dan setiap 1 gram lemak mengandung 9 kalori. Karenanya, rumus Atwater ini juga dikenal dengan metode '4-4-9'.

Lantas, bagaimana cara mengaplikasikannya? Pertama-tama, cek terlebih dahulu jumlah kalori yang tertera di informasi nilai gizi makanan. Kemudian, cek kandungan protein, karbohidrat, dan lemak yang tertera.

Misalnya, jika sebuah makanan mengandung 10 gram protein, 12 gram karbohidrat, dan 15 gram lemak, maka perhitungannya 10x4, 12x4, dan 15x9. Bila diurutkan, hasil perkaliannya adalah 40, 48, dan 135. Berarti total kalori yang terkandung di dalam makanan tersebut adalah 223.

Begitulah cara sederhana untuk menghitung kalori makanan agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kalori harian.



Ini Cara Terbaik Untuk Menghentikan Kecanduan Narkoba

Ini Cara Terbaik Untuk Menghentikan Kecanduan Narkoba


(ath/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat