gtrees.net

Benarkah Mandi Air Hangat Bisa Sembuhkan Pilek?

Mandi Air Hangat
Foto: pexels

Jakarta -

Pilek merupakan penyakit segala usia, baik dari anak-anak hingga orang dewasa. Penyakit yang pada umumnya disebabkan oleh virus ini seringkali dialami ketika musim pancaroba tiba.

Selain karena virus, pilek juga bisa disebabkan karena iritasi dan alergi terhadap sesuatu, seperti asap rokok dan debu. Lendir yang keluar dari hidung sehingga membuat pilek, dan bersin yang mengganggu membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

Tidak hanya itu, pilek juga bisa menyebabkan hidung menjadi tersumbat atau mampet, sakit tenggorokan dan batuk sehingga saluran pernapasan menjadi terganggu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Membahas mengenai pilek, terdapat mitos kesehatan yang berkembang dari mulut ke mulut, yakni mandi air hangat dapat menyembuhkan pilek. Lantas apakah hal tersebut benar adanya? Simak penjelasannya berikut:

Hubungan Pilek dengan Mandi Air Hangat

ADVERTISEMENT

Dibandingkan dengan orang dewasa, anak-anak lebih rentan terkena pilek karena memiliki daya tahan tubuh yang tidak sekebal orang dewasa.

Perawatan mandiri selain dengan menggunakan obat untuk mengatasi pilek, dapat dengan cara mandi air hangat. Namun, bukan berarti pilek akan langsung sembuh setelah mandi air hangat.

Penyakit pilek dapat mereda dengan sendirinya dalam jangka waktu dua minggu. Sementara mandi air hangat hanya dapat meredakan gejala pilek saja.

Jika ingin mandi air hangat, para ahli menyarankan sebaiknya suhu air tidak lebih tinggi dari 44 derajat celcius, karena mandi dengan air yang terlalu panas bisa merusak rambut dan kulit. Selain merusak skin barrier, air panas juga akan memicu peradangan.

Mandi air hangat dengan suhu yang pas dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman, sehingga seseorang yang terkena pilek dapat tidur dengan lebih nyaman.

Salah satu gejala pilek yang umum terjadi adalah hidung tersumbat. Nah, untuk meringankan hidung tersumbat mandi air hangat dapat menjadi solusi yang efektif.

Hal tersebut dikarenakan selain membuat penderita pilek menjadi lebih nyaman karena suhu air yang hangat, udara lembab dari uap air juga akan membuat lendir di dalam hidung menjadi lebih cair, sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Cara-cara Meringankan Gejala Pilek

Meski pilek dapat sembuh dengan sendirinya, namun terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala pilek yang mengganggu. Selain dengan cara mandi air hangat, gejala pilek juga dapat diringankan dengan cara-cara berikut ini :

1. Tidur dan Istirahat yang Cukup

Memiliki kualitas tidur yang baik dan waktu istirahat yang lebih banyak, dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus penyebab pilek.

Tidak hanya itu saja, memperbanyak waktu istirahat di rumah juga dapat mencegah penularan pilek ke orang lain. Agar dapat tidur dengan nyenyak, mandi air hangat dapat menjadi solusi yang tepat.

2. Makan Makanan yang Berkuah dan Hangat

Makan menu makanan yang berkuah dan hangat juga dapat meringankan gejala pilek, khususnya hidung tersumbat. Selain makanan, dapat juga minum minuman yang hangat seperti teh jahe.

3. Mengatur Posisi Tubuh

Ketika berbaring, mengatur posisi dimana kepala berada lebih tinggi daripada badan atau duduk bersandar bisa membuat lebih lega saat bernafas. Posisi ini dapat meringankan keluhan hidung tersumbat, sehingga penderita pilek bisa beristirahat dengan nyaman dan tidur lebih nyenyak.

Gunakan Water Heater dari Ariston

Itulah tadi fakta mengenai apakah mandi air hangat dapat menyembuhkan pilek atau tidak.

Ketika akan mandi air hangat, Anda bisa menggunakan Water Heater Ariston 10 Liter yang bisa memanaskan air secara otomatis dengan suhu yang pas tanpa harus merebus air di kompor.

Berkualitas tinggi, water heater dari Ariston tersebut telah dipercaya selama lebih dari 90 tahun dan menjadi merk water heater nomor satu dari Italia. Dengan kapasitas tangki 10 liter, tentunya tidak akan memakan banyak tempat di ruangan kamar mandi. (Content Promotion/Ariston)

(ega/ega)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat