gtrees.net

Fakta-fakta Virus Marburg Mewabah di Afrika Barat, Sudah Ada 9 Kasus Kematian

Ilustrasi Virus
Fakta-fakta seputar virus Marburg. Foto: Getty Images/iStockphoto/

Jakarta -

Guinea Equatorial melaporkan temuan wabah baru virus Marburg. Virus tersebut dikenal begitu menular dan sama mematikannya dengan Ebola. Hingga kini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan sudah ada 9 kasus kematian akibat infeksi virus tersebut.

"Selain 9 kematian, Guinea melaporkan sedikitnya 16 kasus diduga virus Marburg dengan gejala termasuk demam, kelelahan, muntah darah, dan diare," jelas WHO, dikutip dari US News, Selasa (14/2/2023).

Berikut ini adalah fakta-fakta soal virus Marburg yang saat ini sedang mewabah di Guinea Equatorial:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Satu Keluarga dengan Ebola

Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman menjelaskan jika virus Marburg berada di dalam satu keluarga dengan Ebola. Keduanya sama sama merupakan keluarga Filoviridae (filovirus). Walaupun kedua virus tersebut berbeda, gejala klinis yang muncul diyakini serupa.

"Setelah diperiksa akhirnya ditemukan saat itu bahwa ini ada virus dari keluarga Filoviridae namanya. Ini satu keluarga dengan ebola virus yang juga satu kelompok itu," jelas Dicky pada , Rabu (15/2).

Sudah Ada sejak Lama

Tak hanya itu saja, Dicky juga menjelaskan bahwa virus ini sebenarnya sudah ditemukan semenjak 1976. Virus ini pertama kali ditemukan oleh virologis di Marburg dan Frankfurt, Jerman.

ADVERTISEMENT

NEXT: Penyebab merebaknya virus Marburg



Simak Video "1,7 Miliar Anak Terkena Diare Setiap Tahunnya "
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat